About

Pages

Senin, 08 Oktober 2012

Waspadai sakit urat berlebihan

Waspadai sakit urat berlebihan

Waspadai sakit urat berlebihan Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. (sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_urat)


Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden). Sebetulnya, tubuh menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen. Namun fakta ini sering tidak dieprhatikan, orang kebanyakan menyamaratakan makanan dan mengonsumsi apapun yang diinginkannya. Padahal banyak diantara makanan yang menggiurkan itu mengandung purin yang sangat tinggi. Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan case, telur, dan jeroan. Ikan case atau sejenisnya (sarden), dan jeroan. Konsumsi jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga Obat tradisional asam urat menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa.(sumber:dari berbagai artikel hasil pencarian di google)

Setelah Anda mengetahui makanan terebut bisa meningkatkan kadar purin di dalam tubuh secara signifikan, akan lebih baik bila makanan tersebut konsumsinya dikurangi. Memang efek samping dari makanan tersebut tidak akan secara langsung terlihat karena asam urat akan timbul sebagai penumpukan purin yang kadarnya sudah terlalu banyak. Namun, kewaspadaan dengan melakukan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Waspadai sakit urat berlebihan

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)